Horseshoe Crab, si Hewan Aneh Penyelamat Hidup Milyaran Manusia


Don’t judge the ebook by way of its cover

Begitulah kira-kira pepatah yang tepat buat hewan yang satu ini. Mungkin saat pertama kali kamu melihatnya akan jijik dengan bentuk yang aneh, seperti monster. Namun, tahukah kamu jika hewan ini sangat berjasa dengan keberlangsungan hidup banyak manusia?

Hewan ini memiliki nama ilmiah Limulidae, atau biasa dikenal sebagai Horseshoe Crab. Bentuknya mirip seperti tapal kuda persis seperti namanya. Di Indonesia, hewan ini banyak dijumpai dibeberapa daerah dengan nama yang berbeda-beda pula. Salah satu yang paling terkenal adalah belangkas.

Makhluk ini sudah ada di bumi sejak sekitar 450 juta tahun, tetapi manfaatnya baru diketahui sekitar 60 tahun lalu. Sekitar 500.000 ekor dipanen setiap tahunnya di USA.

Horseshoe Crab ternyata sangat berjasa dengan keberlangsungan hidup manusia. Mereka sudah menyelamatkan ratusan juta, mungkin miliaran manusia sejak tahun 1950-an. Apa yang membuat mereka dapat membantu manusia?

“Royal blood” atau darah biru yang dimiliki Horseshoe Crab adalah jawabannya. Royal Blood adalah darah yang dikhususkan dan diekstrak untuk umat manusia. Apakah kamu tahu manfaatnya?

Baca Juga Walrus, Hewan Menyedihkan yang Kehilangan Habitat

Manfaat “Royal blood” dalam bidang kesehatan dan kedokteran



Alur Pembuluh Darah Horseshoe Crab | Pinterest

Darah Horseshoe Crab mengandung amebocyte yang dapat mendeteksi keberadaaan bakteri dalam darah manusia. Amebocyte melepaskan senyawa coagulin yang menggumpal space yang terkontaminasi bakteri itu. Hal tersebut dapat mencegah infeksi menyebar dalam tubuh manusia.

Industri pengobatan dan kedokteran manusia menggunakan darah Crab. Darahnya ini gunakan untuk pengujian kontaminasi dalam vaksin, obat-obatan, hingga peralatan medis sebelum disuntikkan ke tubuh manusia.

Dengan adanya darah Crab ini siapapun pasti tertolong dengan vaksin dan obat-obatan dihasilkan dari darah Horseshoe Crab ini.

Dokter akan sulit mendeteksi bakteri pada objek yang akan digunakan kepada manusia yang sedang sakit jika tidak ada mereka.

Apakah kamu tahu harga dari darah Horseshoe?


Harga darah Horseshoe in step with galon dibandrol dengan US$ 60K atau IDR 894.483.000 (1 US$ = IDR 14.908)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kritis Artikel Model Pembelajaran CIRC

Anak Di Palopo Rela Duel Dengan Buaya Demi Selamatkan

Kenapa Green Computer screen Menggunakan Warna Hijau? - EB